Minggu, 31 Juli 2016




Puncak Damar Jatigede merupakan sebuah nama untuk kawasan wisata alam (wana wisata) yang dikembangkan dan dikelola oleh Perum Perhutani KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) Sumedang. Wana wisata ini dikembangkan seiring dengan digenanginya bendungan Jatigede. Sehingga selain menyajikan keindahan alam pegunungan di wilayah Puncak Damar, juga menyajikan keindahan hamparan bendungan Jatigede di sebelah timurnya.
 Wisata yang akhir-akhir ini sedang tren di Masyarakat sumedang berlokasi di kawasan ketinggian Puncak Damar Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja. Tepatnya di kawasan hutan petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar.
Wana Wisata Puncak Damar Jatigede dapat diakses melalui jalan kawasan hutan dan jalan Desa Paku Alam - Situraja. Pengunjung yang ingin berkunjung ke Wana Wisata Puncak Damar bisa mengendarai kendaraan berupa sepeda motor maupun mobil. Di sini terdapat fasilitas lahan parkir untuk motor dan mobil yang terletak sekitar 50 meter sebelum pintu masuk. Di area Wana Wisata Puncak Damar Jatigede, pengunjung bisa menikmati lesehan di beberapa shelter. Ada juga fasilitas lain seperti Gazebo, Camping Ground, Outbound dan tempat bermain anak-anak, mushola kecil dari kayu yang tampak alami. Tak ketinggalan juga tersedia toilet yang bersih. Pada hari libur dan malam Minggu tempat ini biasanya sangat ramai.
Untuk pengunjung yang memasuki kawasan Wana Wisata Puncak Damar Jatigede harus membayar restribusi masuk sebesar Rp.4.000. Harga ini hanya untuk kunjungan biasa. Bagi yang membawa kendaraan ada tambaha untuk biaya parkir sebesar Rp.5.000 untuk kendaraan mobil dan Rp.2.000 untuk sepeda motor.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts